Wonosari Siap Maju: Musrenbang RKPD 2025 Fokus pada Peningkatan Ekonomi, Infrastruktur, dan SDM Unggul

31-Jan-2024   Dibaca :  9 kali

Rabu, 31 Januari 2024

Wonosari - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) Kapanewon Wonosari Tahun Anggaran 2025 Sukses digelar. 

Bertempat di Balai Kalurahan Karangrejek, Rabu (31/1) kegiatan ini bertujuan untuk menyusun skala prioritas pembangunan yang sesuai dengan tema “Penguatan Ekonomi Daerah, Taraf Kehidupan Masyarakat, Infrastruktur, dan Peningkatan SDM yang Unggul”.

Turut hadir Bupati Gunungkidul, Bpk. H. Sunaryanta, Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul Dapil 1 (Kapanewon Playen dan Wonosari), Kepala Bappeda Gunungkidul yang diwakili Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengendalian, Ibu Asih Wulandari, AP., MM, Pimpinan OPD, Pemerintah Kapanewon Wonosari, Instansi Vertikal Kapanewon Wonosari, serta Lurah, Ketua Bamuskal, dan Ketua LPMKal se Kapanewon Wonosari sebagai peserta Sidang Pleno dan Sidang Kelompok.

Musrenbang RKPD Wonosari 2025 dibuka dengan sambutan dari Penewu Wonosari, Bpk. Muh Setyawan Indriyanto, SH, M.Si. Beliau memaparkan realisasi program kegiatan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi, Dana Insentif Daerah, APBN di Kapanewon Wonosari tahun 2023, dan realisasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan untuk Kapanewon Wonosari tahun 2023. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kapanewon Wonosari.

Selanjutnya, musyawarah ini dilanjutkan dengan penyusunan skala prioritas pembangunan dengan alokasi pagu indikatif wilayah Kapanewon Wonosari tahun 2025 sebesar Rp. 1.345.000.000,-. Sedangkan pagu indikatif sektoral tahun 2025 sebesar Rp. 3.000.000.000,- yang dibagi menjadi tiga bidang dengan pembobotan yaitu: 40% untuk Bidang Infrastruktur Pembangunan Wilayah (IPW); 30% untuk Bidang Pemerintahan Sosial dan Kebudayaan (PSKb); 30% untuk Bidang Perekonomian dan Pemberdayaan Manusia (PPM)

Peserta musyawarah kemudian dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan bidang masing-masing untuk mendiskusikan dan menetapkan usulan program kegiatan yang akan diajukan ke tingkat kabupaten. Hasil diskusi kelompok kemudian dipresentasikan dan disepakati bersama dalam sidang pleno.

Musrenbang RKPD Wonosari 2025 ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Panewu Wonosari, dan perwakilan peserta musyawarah. Diharapkan, hasil musyawarah ini dapat menjadi acuan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Gunungkidul tahun 2025 yang sejalan dengan visi dan misi pembangunan daerah. (Novsihite)

 

 

Berita Terbaru


Peringatan Hari Kartini dan HUT Wanita Budhis Indonesia di Vihara Jhina Dharma Sradha Siraman Wonosari

Pada Sabtu, tanggal 27 April 2024, Vihara Jhina Dharma Sradha Siraman Wonosari menjadi saksi dari

Pelaksanaan Pembekalan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Pamong Kalurahan Wareng

Pada hari Jum'at, tanggal 26 April 2024 pukul 09.30 WIB, telah dilaksanakan pembekalan bagi panitia

Audisi Bahasa dan Sastra Memikat Hatiku di Kapanewon Wonosari

Wonosari, Jumat, 19 April 2024 - Suasana di aula Kapanewon Wonosari


Download