Sumur ladang

04-Sep-2021   Dibaca :  180 kali

Sumur ladang
Dinas pertanian dan pangan Kabupaten Gunungkidul dalam rangka pengentasa kemiskinan dan peningkatan tarah hidup masyarakat selalu bekerja maksimal dan tepat sasaran.
Dari beberapa Kalurahan yang sampai saat ini masih mengalami kekurangan air untuk masa tanam MH 2 maka, dibuat lah program-program yang menunjang kebutuhan petani tercukupi.
Kapanewon Wonosari Terdiri dari 14 Kalurahan dan bersyukur meski Kapanewon ditengah-tengah kota masih banyak diperhatikan.
Karena memang masih banyak warga yang bermata pencaharian petani terutama di Kalurahan pinggiran.
Program Sumur bur diladang ini sangatlah bermanfaat, sudah sangat lama sekali warga petani mengidam-idamkan bagaimana warga bisa menikmati masa tanam yang kedua dengan tersedianya air yang cukup, ketika menjadi kendala air di kondisi karakteristik kita tadah hujan sehingga solusinya adalah hanya dengan pengeburan.
Didampingi oleh PPL berkerjasama dengan petani dan Gapoktan mewujudkan impian.
Di Kalurahan Piyaman salah satunya Kalurahan yang menjadi fokus pengeboran.
Dengan luas tanag 25 ha merupakan luas yang cukup memadai untuk tindak lanjut program pertanian, namun demikian tentunya luasan yang sangat strategis dan cukup luas kalo hanya diberikan satu sumur bur kurang memenuhi target yang sesuai diharapkan warga tani.
Melihat kondisi tanah hitam dan sangat tebal dengan kadar kegemburan kesuburan tanah sangat lah bagus sehingga tentunya sangat bisa mendukung sekali peningkatan kesejahteraan masyarakat, jadi kiranya sangat perlu ada perhatian lebih pendampingan para PPL, pelatihan dan peningkatan Kapasitas petani...
Perkembangan jaman dan perkembangan teknologi sehingga menuntut peningkatan Kapasitas petani sesuai kondisi.
Sesui kondisi tanah sangat cocok untuk ditanami apa saja sehingga sesuai kadar tanahnya boleh dibilang apikan...
Perlu diketahui juga bahwa kegigihan warga tani Kemorosari Kalurahan Piyaman tidak perlu diragukan lagi sehingga ibarat menanam yakin bahwa nanti kita akan menuai panes yang maksimal dan berkelanjutan.
Dengan modal kegigihan dan semangat kerja keras para petani bisa kita jadikan sample padukuhan percontohan petani..

 
Program bantuan sumur ladang ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 165 juta...dana yang cukup besar tentunya tapi tidak diragukan lagi akan keberhasilan nya nanti.
Program pemerintah ini sangat lah akan menjadi program prioritas Kabupaten dalam rangka memenuhi kebutuhan air para petani.
Dalam acara serah terima dihadiri oleh kepala Dinas perty dan ketahanan pangan Kabupaten Gunung kidul juga hadir bpk Panewu Kapanewon Wonosari.
Diwaktu yang sama berkenan para pejabat untuk tanam jagung sekaligus menyaksikan dan mengetahui kondisi debit air yang tersedia.
Selamat untuk petani Kemorosari Kalurahan Piyaman Kapanewon Wonosari semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Dhany21)

 

Berita Terbaru


Pengukuhan Jagawarga Menguatkan Kemitraan Antar Masyarakat dan Pemerintah

Wonosari, 18 April 2024 - Suasana Lapangan Teguhan Wunung dipenuhi semangat dan kehangatan saat

Panewu Wonosari dan Jajarannya Gelar Silaturahmi Ke 14 Kalurahan di Hari Pertama Masuk Kerja

Wonosari, 16 April 2024 – Hari pertama masuk kerja di Wonosari, para pejabat tinggi dan

Lomba Takbir Kapanewon Wonosari Meriah di Depan Masjid Al Ikhlash

Wonosari, 9 April 2024 - Malam yang penuh keceriaan terjadi di depan Masjid Al Ikhlash Wonosari,


Download