Penyaluran BLT DD Periode V Kalurahan Baleharjo

13-Sep-2021   Dibaca :  45 kali

Penyaluran BLT DD Periode V Kalurahan Baleharjo Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul.
Dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 03 September 2021, undangan warga jam 09.00 WIB
Sebelum penyaluran diberikan pengarahan oleh Plt Lurah Baleharjo Candra Dewi Tanjung Puspitasari,A.Md dalam pengarahannya disampaikan bahwa program BLT ini program Pemerintah dalam rangka peran aktif Pemerintah menanggulangi covid.
Sehubungan dengan adanya covid ini maka Pemerintah berusaha dan berupaya sekuat tenaga agar kondisi ini tidak berdampak pada perekonomian, berbagai macam cara dan teknis penyaluran dari program-program yang sejenis bantuan kepada warga diberikan, ada yang melalui program UMKM,BPJS, dan banyak lagi program Pemerintah yang diberikan, tapi memang pandemi ini bencana Alam seluruh Dunia terkena dan terdampak sehingga sekuat sekaya apapun Negara pasti akan kena imbas carut marut nya perekonomian,meski sebenarnya tidak mendidik bantuan Langsung Tunai ini akan tetapi karena dirasa sangat perlu sehingga DANA DESA ( DD ) sebagian kecil diberikan langsung kepada warga.Pemerintah berusaha menghidupkan kembali roda ekonomi dengan berbagai macam cara salah satunya pemberian Bantuan Langsung Tunai kepada warga dengan kriteria terdampak covid dan miskin.
Dalam perjalanan waktu penyaluran ini sudah Tahun ke Dua (2) Periode II bulan ke 9 ( Sembilan )
Ditahun ini Kalurahan Beleharjo harus sudah mengganggarkan selama 12 ( dua belas ) bulan.
Sehingga perlu dimengerti dan dipahami ke warga Baleharjo, Dalam hal penyaluran Pemerintah Kalurahan boleh menggantikan by name by adres, ketika Kalurahan dalam menyalurkan BLT dirasa masih ada yang berhak menerima sepanjang memenuhi kriteria dianjurkan ganti penerimaan namun harus melalui Muskal penetapan nya.sehingga untuk dimaklumi regulasi ini.

 
Di Kalurahan Baleharjo kali ini menyalurkan BLT DD dengan jumlah KPM 75 sesuai data yang diperoleh melalui beberapa tahapan, tahap pertama musdus dan Kemudian Muskalsus sehingga tidak melenceng dari regulasi dan aturan kriteria yang ditetapkan. Namun dari jumlah tersebut setelah diverifikasi ulang 2 ( dua) sudah mendapatkan pra kerja sehingga realisasi nya 73 KPM
dengan jumlah total uang sebesar Rp 21.900,000 dimasing-masing KPM Rp 300.000, selama satu (1) bulan, Bulan September saja.
Pelaksanaan penyaluran BLT DD berjalan lancar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di pantau oleh Babinsa, Babinkantibmas dan dari Kapanewon Wonosari yang dalam Hal ini oleh Jawatan Kemakmuran, Pendamping Kapanewon dan Pendamping lokal Kelurahan .
Dalam penyaluran BLT ini karena memang warga sangat membutuhkan dan merasakan dampak yang luar biasa seperti contoh yang dulu2 sebelum Corona jualan pertanian dan sayuran para petani masih dengan harga tinggi, sekarang petani mengeluh tidak banyak yang beli, Para pengusaha benar-benar merasakan dampak nya sekarang ini, sehingga petani yang hasil panennya tidak byk dibeli, ini dampak dari pengurangan karyawan banyak yang di PHK dan dirumahkan sehingga banyak karyawan yang memilih pulang kampung.


Sampai saat ini kondisi belum pulih.kondisi Daerah di wilayah Jabodetabek dan tak luput DIY Kabupaten Gunungkidul khususnya kena PPKM level 4, ini makin membuat semua rotasi perekonomian jadi mandeg.
Dengan adanya Program Pemerintah ini Warga berterima kasih atas bantuan yang diberikan, sangat bermanfaat dan membantu meringankan beban hidup masyarakat.

 

Berita Terbaru


Audisi Bahasa dan Sastra Memikat Hatiku di Kapanewon Wonosari

Wonosari, Jumat, 19 April 2024 - Suasana di aula Kapanewon Wonosari

Penilaian Praktik Baik PPKS Satya Gatra Nurani Meriahkan Balai KB Kap Wonosari

Wonosari, Jumat, 19 April 2024 - Hari ini, Balai Keluarga Berencana (KB) Kapanewon Wonosari

Pengukuhan Jagawarga Menguatkan Kemitraan Antar Masyarakat dan Pemerintah

Wonosari, 18 April 2024 - Suasana Lapangan Teguhan Wunung dipenuhi semangat dan kehangatan saat


Download