Pembekalan Calon Dukuh Mulo dan Karangasem di Kalurahan Mulo

06-Dec-2023   Dibaca :  12 kali

Wonosari, 6 Desember 2023 - Sebagai langkah proaktif dalam pengembangan kepemimpinan lokal, Kalurahan Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, menggelar acara pembekalan calon dukuh untuk dua padukuhan, yakni Dukuh Mulo dan Dukuh Karangasem. Acara ini dihadiri oleh 13 calon Dukuh Mulo dan calon Dukuh Karangasem.

Peserta pembekalan calon dukuh yang sudah lolos seleksi administrasi dan siap untuk melayani dan memajukan kalurahan Mulo. Proses seleksi calon dukuh dilakukan secara transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga kalurahan.

Pembekalan ini dilaksanakan di Balai Kalurahan Mulo dan dihadiri oleh sejumlah pemateri terkemuka, antara lain Lurah Mulo, Kepala Jawatan Praja Kapanewon Wonosari, Kapolsek Wonosari, dan Danramil Wonosari. Mereka memberikan wawasan dan pemahaman mendalam terkait tugas, tanggung jawab, serta peran seorang dukuh dalam memimpin padukuhan.

Lurah Mulo, sebagai pemateri utama, memberikan arahan tentang pentingnya kepemimpinan yang inklusif dan berorientasi pada pelayanan masyarakat. Ia menekankan perlunya dukuh memiliki kepekaan sosial, keterampilan komunikasi yang baik, serta integritas dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Jawatan Praja memberikan perspektif hukum dan administratif terkait peran dukuh, sementara Kapolsek Wonosari dan Danramil Wonosari membahas aspek keamanan dan ketertiban di tingkat kalurahan.

Dalam sesi tanya jawab, para calon dukuh aktif mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memahami lebih dalam tantangan dan peluang yang mungkin dihadapi dalam menjalankan peran sebagai pemimpin kalurahan.

Lurah Mulo menyatakan, "Pembekalan ini bukan hanya untuk memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga untuk menggugah semangat kepemimpinan yang bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi kepada masyarakat. Dengan dukuh yang berkualitas, diharapkan pembangunan di tingkat kalurahan bisa berjalan lebih efektif dan merata."

Pembekalan calon dukuh ini merupakan langkah awal untuk kesiapan calon dukuh untuk mengikuti ujian baik tertulis maupun praktek pengoperasian komputer yang akan dilaksanakan besok pada hari sabtu 9 Desember 2023 dengan sistem CBT (Computer Based Test) di SMK Negeri II Wonosari. Kalurahan Mulo berharap, dengan adanya dukuh yang berkualitas, akan muncul inovasi dan solusi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

 

#cah_Wonosari23

 

Berita Terbaru


Peringatan Hari Kartini dan HUT Wanita Budhis Indonesia di Vihara Jhina Dharma Sradha Siraman Wonosari

Pada Sabtu, tanggal 27 April 2024, Vihara Jhina Dharma Sradha Siraman Wonosari menjadi saksi dari

Pelaksanaan Pembekalan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Pamong Kalurahan Wareng

Pada hari Jum'at, tanggal 26 April 2024 pukul 09.30 WIB, telah dilaksanakan pembekalan bagi panitia

Audisi Bahasa dan Sastra Memikat Hatiku di Kapanewon Wonosari

Wonosari, Jumat, 19 April 2024 - Suasana di aula Kapanewon Wonosari


Download