Gelar Pra Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pemerintah Kapanewon Wonosari Siapkan Rencana Pembangunan Daerah

18-Jan-2024   Dibaca :  37 kali

Wonosari, 18 Januari 2024 - Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul menggelar kegiatan Pra Musrenbang RKPD Tahun 2025 pada hari Kamis, 18 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan tahap awal dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah yang berpedoman pada Surat Edaran Bupati Gunungkidul Nomor 000.7.1.4/279 dan Pedoman Perencanaan Pembangunan Tahun 2025.

Acara ini diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan, antara lain perwakilan Bappeda Kabupaten Gunungkidul, beberapa OPD di tingkat kabupaten, lurah, ulu-ulu, pangripta, Se-Kapanewon, kepala-kepala jawatan di kapanewon, dan tenaga pendamping profesional desa Kapanewon Wonosari.

Acara ini diawali dengan paparan dari Panewu Wonosari, Bapak Muh. Setyawan Indriyanto, S.H., M.Si dan Kepala Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Bapak Agus Sugiarto, S.IP.M.I.P yang membahas tentang tema dan prioritas pembangunan kabupaten tahun 2025.

Peserta kemudian dibagi ke dalam tiga kelompok sesuai dengan bidang pembangunan, yaitu IPW, PSKb, dan PPM.

Dalam sidang kelompok, peserta membahas dan menyesuaikan usulan kegiatan pembangunan kalurahan yang akan dilanjutkan ke tahap Musrenbang Kapanewon Wonosari.

Usulan tersebut harus memperhatikan pagu indikatif wilayah kapanewon (PIWK) sebesar Rp1.345.000.000,00 dan pagu indikatif sektoral (PIS) kapanewon Wonosari sebesar Rp3.000.000.000,00.

Beberapa kegiatan prioritas yang wajib ada pada usulan PIWK antara lain pembangunan jamban sehat, bantuan PAH, perbaikan RTLH, dan bantuan sosial bagi masyarakat miskin dan difabel.

Tahun 2025 merupakan tahun keempat untuk RPJMD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021-2026 yang merupakan tahap pembangunan lima tahun ke-5 dalam RPJPD Kabupaten Gunungkidul Tahun 2005-2025. 

Tema pembangunan kabupaten Gunungkidul tahun 2025 adalah "Penguatan Ekonomi Daerah, Taraf Hidup Masyarakat, Infrastruktur, dan Peningkatan SDM yang Unggul". 

Indikasi prioritasnya meliputi peningkatan infrastruktur pelayanan dasar yang berwawasan lingkungan, peningkatan ekonomi dengan pengembangan potensi unggulan daerah, penurunan angka kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, mewujudkan masyarakat yang aman, tertib, dan nyaman, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kegiatan Pra Musrenbang ini merupakan agenda pembuka dari rangkaian kegiatan Musrenbang Kapanewon Wonosari yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Januari 2024. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rencana kerja pemerintah daerah yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

 

Berita Terbaru


Peringatan Hari Kartini dan HUT Wanita Budhis Indonesia di Vihara Jhina Dharma Sradha Siraman Wonosari

Pada Sabtu, tanggal 27 April 2024, Vihara Jhina Dharma Sradha Siraman Wonosari menjadi saksi dari

Pelaksanaan Pembekalan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Pamong Kalurahan Wareng

Pada hari Jum'at, tanggal 26 April 2024 pukul 09.30 WIB, telah dilaksanakan pembekalan bagi panitia

Audisi Bahasa dan Sastra Memikat Hatiku di Kapanewon Wonosari

Wonosari, Jumat, 19 April 2024 - Suasana di aula Kapanewon Wonosari


Download